LINGKUNGAN EKSTERNAL SISTEM POLITIK INDONESIA

Posted on October 30, 2011

0


A. PENGERTIAN

Lingkungan Internasional adalah lingkungan masyarakat suatu negarayang berada berbatasan dengan wilayah negara,baik regional maupun internasionalyang satu sama lain memiliki saling ketergantungan.; Pada dasarnya negara-negara di dunia memiliki rasa ketergantungan dalm pemenuhan kebutuhan negara tersebut kepada negara lainnya yang terjadi di berbagai bidang kehidupan.

B. TUJUAN

Pembangunan hubungan diplomatik oleh suatu negar, termasuk Indonesia adalah di tujukan untuk mencapai cita- cita dan tujuan negara Indonesia yang tertuang di dalam  pembukaan Undang-undang dasar 1945 alinea II. Artinya bahwa segala upaya yang di bangun dalam rangka kerja sama antar negara, adalah bertujuan untuk memperoleh keuntungan politik,ekonomi,sosial budaya,hukum,dan hankam,yang berujung pada keutuhan NKRI.

C. KLASIFIKASI LINGKUNGAN MASYARAKAT INTERNASIONAL.

Menurut Gabriel A. Almond, sistem lingkungan masyarakat internasional dapat di klasifikasi dalam 3 macam :

1. Sistem Politik Internasional

Adalah kumpulan elemen-elemen dunia yang satu sama lain saling terkait dalam politik Internasional,yang memiliki tujuan bersama yaitu menciptakan tatanan kehidupan internasional yang aman, damai dan harmonis antar negara-negara anggota organisasi internasional, seperti PBB,dan NATO.

2. Sistem Ekologi Internasional.

Merupakan Lingkungan sebagai tempat tinggal, dan sumber dari kebutuhan kehidupan manusia. Sistem lingkungan internasional adalah subsistem dari berbagai negara yang ada, maupun subsistem bebas seperti luar angkasa,dan laut lepas.Lingkungan Internasional yang merupakan milik berasama ini selayaknya harus bisa di lestarikan dan di pelihara berasama.

 

3. Sistem Sosial Internasional

Merupakan sistem yang berupa kumpulan alemen-elamen / unsur-unsur budaya,struktur sosial, ekonomi dan demografi internasional yang bekerja sama untik mencapai tujuan bersama yaitu damai, aman , tentram bagi kehidupan manusia. Sistem sosial internasional meliputi :

a. Kebudayaan internasional, adalah  kebudayaan yang bersifat universal yang di anut oleh semua warga negara dalam suatu negara di seluruh dunia.

b. Struktur sosial inernasional., adalah suatu struktur kemasyarakatan yang terdapat di dalam suatu negara di semua negara di lingkungan internasional.

c. Sistem ekonomi internasional, merupakan struktur/ unsur subsistem ekonomi yang ada dalam suatu negara atau bangsa di seluruh dunia,sebagai suatu sistem yang berifat universal bagi selurauh bangsa dan negara di dunia.

d. Sistem demografi internasional, adalah kumpulan elemen yang bekerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, yaitu pembangunan demografi (kependudukan) internasional yang dami teratur,dan sejahtera.

4. Tujuan

  1. Untuk menjadi forum bagi menjaga perdamaian dalam kawasan.
  2. Untuk menjadi forum kerjasama dalam rangka membangun hubungan dalam bidang EkoSosBudHanKam.
  3. Untuk menjadi forum penyelesaian perselisihan antar anggota organisasi negara sekawan, lintas kawasan, maupun kawasan global.

 

Sumber:

Sistem Politik Indonesia karyaA. Rahman H.I